Fakultas Pertanian Adakan Kuliah Umum Peningkatan Kualitas Jurnal

Jumat, 18 November 2022 bertempat di Hotel Royal Asnof Pekanbaru, Fakultas Pertanian (FP) mengadakan kuliah umum yang berjudul “Peningkatan Kualitas Jurnal di Fakultas Pertanian Universitas Riau”.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan pengelola jurnal yang ada dilingkungan FP UNRI. Acara ini juga mengundang dua orang narasumber, yaitu Dr. Afrianto Daud, M.Ed (editor in chief International Journal of Educational Best Practices (IJEBP) Universitas Riau) dan Dr. Indra Purnama, M.Sc (Ketua Dewan Editor Jurnal Ilmiah Pertanian Universitas Lancang Kuning).

Kuliah umum ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan insight strategi peningkatan kualitas jurnal, khususnya jurnal-jurnal yang berada di bawah FP UNRI. Sebagai informasi saat ini FP UNRI memiliki 4 jurnal yaitu Jurnal Sagu, Jurnal Ilmu-Ilmu Kehutanan (JIIK), Jurnal Agroteknologi Tropika (JAT), dan Jurnal Ilmu Ekonomi Pertanian Indonesia (IJAE). Selain itu FP UNRI dalam waktu dekat juga akan meluncurkan satu jurnal lainnya, yaitu Jurnal Incubadora. 

“Sampai saat ini memang kondisi jurnal-jurnal yang ada di bawah FP UNRI belum terindeks sinta dan terindeks global. Padahal beberapa jurnal sudah berjalan cukup lama. Oleh karena itu kuliah umum ini diharapkan mampu membuka wawasan para pengelola jurnal untuk mencari solusi terkait permasalahan yang dihadapi.” Ujar Dekan FP, Dr. Agus Sutikno, S.P., M.P.  Dengan adanya kuliah umum ini juga diharapkan dapat memotivasi para pengelola jurnal untuk semakin giat memperbaiki jurnal yang sedang dikelolanya. Terlebih, jurnal ini berkaitan dengan IKU (Indikator Kinerja Utama) universitas. 

Diakhir acara dilakukan penandatangan kerjasama oleh jurnal-jurnal di lingkungan FP UNRI dengan Jurnal Ilmiah Pertanian Universitas Lancang Kuning. Semoga dengan adanya kerjasama ini dapat mengakselerasi percepatan peningkatan kualitas jurnal di lingkungan FP UNRI. (E.RPJ)