KEMERIAHAN MILAD FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS RIAU KE-32

Fakultas Pertanian Universitas Riau mengadakan berbagai kegiatan untuk memeriahkan peringatan milad ke-31. Beberapa kegiatan yang telah diselenggarakan adalah diskusi publik, silaturahmi serta temu ramah antara civitas akademika Fakultas Pertanian, dan fun games. Masing-masing kegiatan tersebut diselenggarakan pada tanggal 19 Juli, 21 Juli, dan 25 Juli 2022.

Gambar 1 : Dekan Fakultas Pertanian bersama para narasumber dalam kegiatan diskusi publik

Pada kegiatan diskusi publik, tema  yang diangkat adalah “Peran Agroforestri dalam Meningkatkan Produktivitas Lahan Gambut”. Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Riau, Bapak Prof. Dr. Ir. H. Aras Mulyadi, M.Sc., DEA. Diskusi publik ini menyajikan paparan materi dari 5 narasumber, yakni Bapak Ir. Gatot Soebiantoro, M.Sc selaku Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat, Bapak Dr. Ir. Mamun Murod, MM., MH selaku Kadis LHK Prov. Riau, Bapak Dr. Nurul Qomar, S.Hut., MP selaku Ketua Jurusan Kehutanan UNRI, Bapak Muhammad Varih Sovy, M.Sc selaku Spesialis Program Paludikultur Winrock International, dan Bapak Amran selaku Ketua LPHD Sungai Lukun dan perwakilan dari Jaringan Masyarakat Gambut Riau. Diskusi publik ini dilaksanakan secara hybrid dan tercatat lebih dari 200 orang peserta online yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

Berselang dua hari pasca kegiatan diskusi publik, pada tanggal 21 Juli 2022 Fakultas Pertanian Universitas Riau mengadakan kegiatan silaturahmi dan temu ramah antar civitas akademika di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Riau. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan semangat kekeluargaan demi mewujudkan Fakultas Pertanian yang lebih baik di masa depan. Dalam kegiatan ini turut pula hadir Dekan Fakultas Pertanian periode sebelumnya serta para alumni dari Fakultas Pertanian dan FNGT (Fakultas Non Gelar Teknologi). Kegiatan dibuka langsung dengan kata sambutan yang disampaikan oleh Dekan Fakultas Pertanian, Dr. Agus Sutikno, SP., M.Si. Untuk memeriahkan kegiatan silaturahmi dan temu ramah ini, Fakultas Pertanian juga mengadakan lomba masak dan lomba pantun yang diikuti oleh perwakilan para dosen, kepegawaian dan perwakilan mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Riau.

Gambar 2 : Foto bersama antara alumni FNGT dan civitas akademika Fakultas Pertanian UNRI

Untuk meningkatkan rasa kekeluargaan, bertepatan dengan milad ke-31 ini, Fakultas Pertanian mengadakan kegiatan fun games dan closing ceremony dalam hal ini turut hadir Ketua IKA (Ikatan Keluarga Alumni) Fakultas Pertanian, Yudi Adrian SP., M.Sc. Dalam kata sambutannya, beliau menyampaikan bahwa IKA Fakultas Pertanian UNRI akan terus melakukan kegiatan yang mempunyai nilai manfaat bagi Fakultas Pertanian Universitas Riau.  Setelah penyampaian kata sambutan tersebut, dilanjutkan dengan agenda pemotongan tumpeng dan beberapa fun games seperti lomba memimpil jagung, menggergaji kayu, memindahkan tepung, memindahkah sarung dan memasukkan paku kedalam botol. Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti perlombaan fun games ini.

Gambar 3 : Foto bersama dan pemotongan tumpeng

Terakhir, rangkaian kegiatan Milad Fakultas Pertanian Universitas Riau ditutup dengan pencabutan undian untuk memilih jurusan mana yang akan menjadi penyelenggara kegiatan milad ke-32 di tahun 2023. Hasil dari undian tersebut menetapkan bahwa jurusan Agribisnis yang akan menjadi penyelenggara acara Milad Fakultas Pertanian ke-32 pada tahun 2023 mendatang.