Antusias Mahasiswa Baru Fakultas Pertanian di PKKMB 2024

Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) merupakan kegiatan bagi Pemimpin Perguruan Tinggi untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi mahasiswa yang dewasa dan mandiri. Setelah pelaksanaan pembukaan kegiatan PKKMB tingkat Universitas, Rabu (06/08/2024) kemarin, mahasiswa baru Universitas Riau mengikuti rangkaian pengenalan lanjutan di lingkungan fakultas masing-masing, Rabu (07/08/2024).

PKKMB tingkat fakultas ini digelar serentak oleh 10 fakultas Universitas Riau. Berbeda dengan PKKMB tingkat universitas yang bersifat umum, di tingkat fakultas mahasiswa baru memperoleh informasi lebih rinci mengenai kehidupan kampus. Rangkaian kegiatan PKKMB Fakultas Pertanian ini bertujuan sebagai masa peralihan untuk mempersiapkan mahasiswa baru, dari tingkat sekolah ke tingkat perkuliahan yang memerlukan sebuah proses  berkesinambungan dan terarah. Mulai dari pengenalan fungsional fakultas, mekanisme dan sistem akademik fakultas, organisasi mahasiswa tingkat fakultas, hingga urusan administrasi.

Fakultas pertanian menyelenggaran kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiwa baru di halaman Selasar Gerai Pelayanan Terpadu, di hadiri oleh mahasiswa baru dari setiap Jurusan Agroteknologi, Teknologi Pertanian, Agribisnis dan Kehutanan. Kegiatan diawali dengan sesi pembukaan oleh Dekan Fakultas Pertanian Dr Besri Nasrul, S.P., M.Si menyampaikan sambutan dan memberikan pengantar tentang pentingnya PKKMB dalam membantu mahasiswa baru beradaptasi dengan lingkungan kampus. Selain itu, para pejabat fakultas memperkenalkan struktur organisasi dan layanan akademik yang ada di Fakultas Pertanian.

Rundown kegiatan PKKMB tingkat fakultas juga mencakup sesi pengenalan fasilitas kampus, orientasi perpustakaan, dan informasi mengenai program-program ekstrakurikuler yang dapat diikuti oleh mahasiswa. Ada juga sesi interaktif dengan mahasiswa senior sebagai narasumber yang akan memberikan tips sukses dalam menjalani studi di Fakultas Pertanian.

Secara keseluruhan, kegiatan PKKMB tingkat fakultas berjalan lancar dan tertib sesuai dengan rencana yang telah disepakati bersama oleh panitia. ( N.EK )