Pilot Project Faperta Bersama Nippon Koei dan AdaKarbon

Saat ini Fakultas Pertanian sedang melaksanakan implementasi MoA yang telah disepakati bersama Nippon Koei Co. Ltd. yang merupakan Perusahaan Konsultan Engineering Global yang berbasis di Tokyo Jepang.

Dalam implementasi MoA ini, sebuah kegiatan Pilot Project bertajuk “Pemanfaatan tandan kosong kelapa sawit sebagai bahan baku biochar untuk mendukung mitigasi perubahan iklim dan penerbitan karbon kredit” sedang dilaksanakan di UPT Kebun Percobaan Fakultas Pertanian UNRI.

Pada kegiatan ini Nippon Koei Co. Ltd juga menggandeng Yayasan Agathis Dammara Karbon (Ada Karbon) sebagai konsultan kegiatan, yang merupakan sebuah organiasi nirlaba yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur dengan misi menciptakan lingkungan pertanian yang berkelanjutan dan mengadaptasi konsep pertanian berwawasan karbon di Indonesia.

Pilot project ini diharapkan menjadi langkah awal yang signifikan untuk keberlanjutan kegiatan yang telah disepakati antara Fakultas Pertanian UNRI dengan Nippon Koei. Co. Ltd. sehingga terlaksananya kegiatan kegiatan lainnya yang menjadi bagian dari kesepakatan antara kedua belah pihak,

Dekan Fakultas Pertanian dalam sambutannya secara terpisah menyatakan bahwa, kegiatan ini merupakan momentum bagi Fakultas Pertanian UNRI untuk menjadi pusat produksi biochar di masa yang akan datang, dan berperan aktif dalam mempromosikan pertanian berkelanjutan dengan solusi lingkungan yang inovatif.

 

Kolaborasi ini melibatkan dosen dosen dari Program Studi Agroteknologi dan Ilmu Tanah serta mahasiswa dengan target tidak hanya meningkatkan kapasitas akademik dan penelitian, tetapi juga memberikan kontribusi nyata terhadap lingkungan. Dengan semangat kerja sama dan inovasi, kami bertekad untuk membuat dampak positif bagi masyarakat. ( E.ERW )