Launching Sistem Informasi Tugas Akhir Mahasiswa Fakultas Pertanian Di Aplikasi SITANI

Jumat, 3 Februari 2023 bertempat di Gedung Kuliah C, Fakultas Pertanian, Universitas Riau diadakan launching sitani tugas akhir. Kegiatan ini dihadiri oleh dosen dan tendik di lingkungan Faperta UNRI. 

Kegiatan dibuka oleh Plt Dekan Faperta, Dr. Agus Sutikno, S.P., M.Si. Selanjutnya pemaparan tentang Sitasi tugas akhir diberikan oleh Surya Syahrani, S.Kom., M.Kom. selaku Sub Koordinator Kemahasiswaan, Kerjasama, dan Alumni. 

Sitani tugas akhir bertujuan untuk memantau sejauh mana progres mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Hal ini karena ada SOP yang berlaku di Fakultas Pertanian terkait tugas akhir, yaitu ada batas-batas waktu dari pelaksanaan satu aktivitas ke aktivitas lainnya. Jika aktivitas ini melebihi deadline, maka tidak menutup kemungkinan mahasiswa tersebut harus mengulangi proses yang telah dilewatinya. Contoh pada pelaksanaan ujian proposal, mahasiswa harus menyelesaikan perbaikan maksimal 1 bulan setelah ujian proposal dilaksanakan. Jika tidak, mahasiswa harus mengulang kembali ujian proposalnya.

Dalam Sitani tugas akhir, ada 15 komponen yang dapat dilacak, mulai dari UJ1 (form pengajuan judul usul penelitian dan nama calon dosen pembimbing) hingga UK10 (Ujian Komprehensif). Semua komponen ini dijelaskan secara rinci pada website Sitani.

Sitani tugas akhir juga memudahkan dosen, baik dosen pembimbing dan pembahas untuk melihat jadwal ujian yang mereka miliki. Walaupun fitur ini perlu penyempurnaan, namun secara fungsional sudah berfungsi dengan baik.

Harapannya dengan adanya Sitani tugas akhir ini, maka penyelesaian tugas akhir mahasiswa akan semakin mudah dilacak dan dikontrol hingga akhirnya bisa mempercepat waktu kelulusan mahasiswa. (E.RPJ)