Pekanbaru, 14 September 2018 – Fakultas  Pertanian Universitas Riau kembali meraih predikat Akreditasi A.  Kali ini untuk  Program Studi jenjang S1 yaitu Agroteknologi. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) resmi mengumumkan bahwa Program Studi Agroteknologi meraih akreditasi A periode 2018-2023. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 1793/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 pada tanggal 17 Juli 2018, menyatakan bahwa Program Studi Agroteknologi pada Program Sarjana Universitas Riau, Kota Pekanbaru terakreditasi dengan peringkat A. Assesment Lapangan tersebut dilaksanankan pada tanggal 5-7 Juli 2018 untuk Akreditasi Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian, Universitas Riau. Visitasi tersebut dilakukan oleh Tim Asesor BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) Prof. Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Si dan Prof. Dr. Dwi Setyawan.

Selain itu, Fakultas  Pertanian Universitas Riau juga meraih Predikat Akreditasi B untuk Program Studi jenjang S1 yaitu Kehutanan. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) resmi mengumumkan bahwa Program Studi Kehutanan meraih akreditasi B periode 2018-2023 ini.  Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 2036/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2018 pada tanggal 31 Juli 2018, menyatakan bahwa Program Studi Kehutanan pada Program Sarjana Universitas Riau, Kota Pekanbaru terakreditasi dengan peringkat B. Pada 24-26 Juli 2018 telah dilaksanankannya Assesment Lapangan untuk Akreditasi Program Studi Kehutanan Fakultas Pertanian Universitas Riau. Visitasi tersebut dilakukan oleh Tim Asesor BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) Dr. Ir. I Nyoman Jaya Wistara, M.Sc dan Prof. Dr. Ir. Muhammad Restu, MP.

Dan untuk Program Studi jenjang S1 yaitu Teknologi Industri Pertanian. Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) resmi mengumumkan bahwa Program Studi Teknologi Industri Pertanian meraih akreditasi B periode 2018-2023 ini. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 2505/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2018 pada tanggal 05 September 2018, menyatakan bahwa Program Studi Teknologi Industri Pertanian pada Program Sarjana Universitas Riau, Kota Pekanbaru terakreditasi dengan peringkat B. Assesment Lapangan tersebut dilaksanankan pada tanggal 23-25 Agustus 2018 untuk Akreditasi Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Pertanian, Universitas Riau. Visitasi tersebut dilakukan oleh Tim Asesor BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) Dr. Ir. Imam Santoso, M.S dari Universitas Brawijaya dan Krissandi Wijaya, S.TP., M.Agr., Ph.D.

Sebagaimana diketahui, akreditasi merupakan sebuah proses penentuan standar dan penilaian oleh BAN-PT terhadap kualitas Program Studi di Perguruan Tinggi. Proses tersebut dilakukan berdasarkan pedoman dan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Adapun penilaian dalam akreditasi yaitu proses akademik, tenaga kerja, prestasi mahasiswa, tingkat kelulusan dan kinerja lulusan didunia kerja. Proses akreditasi ini dilakukan setiap 5 tahun sekali oleh Program Studi, adapun untuk Program Studi Agroteknologi ini merupakan reakreditasi dari sebelumnya.

Tags:
About Author: resi